Teknik Kurang, Pelatihan Diminta Satu Bulan Sekali Digeber

CILEGON – Ketidaktahuan teknik dasar atletik yang benar,  membuat para pelatih dan pembina olahraga atletik di Kota Cilegon, berharap pelatihan atletik digalahkan. Bahkan, pelatihan pelatih dan pembina yang dilangsungkan pada 5-6 November, dinilai masih kurang.

Hal ini disampaikan Pelatih atletik pelajar Kota Cilegon Eli. Kata dia, pelatihan yang dilangsukan saat ini, kurang ideal. Karena hanya dua hari. Seharusnya, sepuluh hari atau minimal selama satu pekan.

“Tapi kali ini hanya dua hari. Makanya saya nilai sangat kurang,” papar Eli, Selasa (6/11).

Jadi, Eli berharap, bila perlu pelatihan seperti ini dilakukan selama satu bulan sekali. Dengan demikian, pelatih dan pembina olahraga atletik di Kota Cilegon bisa mengevaluasi hasil pembinaan yang mereka lakukan.

Apalagi, dari ajang seperti ini, banyak manfaatnya. Bahkan, dirinya sendiri merasakan. Berstatus sebagai atlet atletik, baru mengetahui bila pada lompat jauh saat melompat, ada timming di udara untuk beberapa saat. Begitupun dengan lompat tinggi, diperlukan pemutaran poros yang pas.

Jadi, lanjutnya, bila Kota Cilegon ingin prestasi olahraga atletik bisa merajai tingkat Banten dan nasional, maka diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang andal. Makanya, pelatihan seperti ini perlu terus digalakan.

Begitupun dengan Guru olahraga SD YPWKS Dayatullah. Dari 54 peserta yang ikut serta di pelatihan pelatih dan pembina, banyak yang tidak tahu teknik yang benar. Ia pun baru mengetahui bagaimana drill atau gerakan kaki yang benar.

Yakni, kata dia, angkatan kaki tidak boleh terlalu tinggi dan saat jatuh ayunan kaki, tidak dengn ujung kaki. Melainkan telapak tengah kaki. Begitupun dengan ayunan tangan saat berlatih. Tidak boleh melebar. Makanya, kegiatan seperti ini perlu digalahkan.

“Oleh karena itu, pelatihan seperti ini, ,minimal satu kali dalam satu tahun harus dilangsungkan,” ucapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Seksi Peningkatan Mutu Tenaga Pembina Olahraga Dispora Kota Cilegon Kurnia belum bisa memastikan apakah tahun depan pelatihan atletik akan dilangsungkan atau tidak. Soalnya, anggaran yang ada, juga dilakukan untuk membina cabor lainnya dengan pelatihan serupa. (SC-2)

169 total views, 1 views today