Kota Tangerang Sabet Titel Juara Umum

TANGERANG – Tuan rumah Kota Tangerang keluar sebagai juara umum pada kejuaraan daerah Senam yang digelar di GOR Batuceper, Rabu (26/6). Sedikitnya 14 medali emas diraih Alvin dan kawan-kawan pada kejuaraan daerah yang pertama digelar Persatuan Senam Indonesia (Persani) Banten.

Aksi atlet senam Kota Tangerang saat berlaga di kejurda.

Aksi atlet senam Kota Tangerang saat berlaga di kejurda.

Kejurda Senam Banten memperlombakan dua jenis perlombaan yakni senam artistik dan senam aerobik. Senam artistik terdiri dari kategori all round, senam lantai dan meja lompat. Setiap kategori lomba terbagi menjadi tiga kelompok yakni A, B dan C. Kelompok A merupakan atlet yang berada di kelas 1 hingga 3 bangku sekolah dasar. Sementara kelas B dari kelas 4 hingga 6. Sedangkan atlet kelompok C minimal duduk di bangku sekolah menengah pertama hingga dewasa.

Khusus senam aerobik terbagi ke dalam dua kategori yakni aerobik gymnastic dan marathon yang masing-masing terbagi lagi ke dalam kelompok seperti single, dobel mix, trio, remaja dan lain-lain.

Ketua panitia Kejurda Senam Banten, Suhenda mengungkapkan, sebanyak 60 atlet dari enam kabupaten/kota di wilayah Banten mengikuti event tersebut. Hanya dua kontingen yakni Kabupaten Serang dan Kota Serang yang tidak mengirimkan atletnya.

“Kota Tangerang keluar sebagai juara umum Kejurda Senam tahun 2013 ini,”ujar Suhenda yang juga pelatih Senam Banten untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2013.

Medali emas untuk Kota Tangerang disumbangkan kategori senam artistik beregu kategori B putra, artistik beregu kategori c putra, artistik all round dan senam lantai B putri atas nama Aisyah Najmi, meja lompat kategori B putri oleh Hilya Amelia, artistik all round, lantai dan meja lompat C oleh Ratna Anistia. Selanjutnya Alfan Hudaya menyumbang emas dari artistik lantai serta all round kelompok B, sedangkan kategori meja lompat B disabet Zakaria Abdullah juga dari Kota Tangerang.

Selain itu, medali terbaik turut diberikan Alfin Hudaya Tama untuk artistik all round dan lantai kelompok C putra sementara senam meja lompat disabet M Zainul Hafid dari Kota Tangerang.

Pesaing terkuat Kota Tangerang berasal dari Kabupaten Tangerang yang berhasil merajai senam artistik beregu kategori B putri. Kabupaten Tangerang juga mendapatkan emas dari Cahnia Fransiska yang tampil di senam artistik all round dan senam lantai kelompok A putri. Sementara meja lompat kategori yang sama disabet Nawang Wulan juga dari Kabupaten Tangerang. Di kategori Aerobik, kontingen Cilegon keluar sebagai juara umum dengan tiga medali emas.

“Kejurda ini kami nilai sukses karena pesertanya banyak serta mendapatkan dukungan luar biasa dari pengcab-pengcab,”pungkas Samsuri, Ketua Harian Pengprov Persani Banten di akhir Kejurda.(SC-2)

275 total views, 2 views today