Dispora Cup : Jumlah Peserta Meningkat

CILEGON – Pada kejuaraan renang bertajuk ‘Dispora Cup’ yang akan berlangsung di Kolam Renang KCC, Kota Cilegon, pada 9-10 April, jumlah peserta dipastikan lebih meningkat daripada tahun sebelumnya. Tercatat, kali ini diikuti total 162 atlet.

Aksi perenang Kota Cilegon saat mengikuti Dispora Cup tahun lalu.

Aksi perenang Kota Cilegon saat mengikuti Dispora Cup tahun lalu.

Sedangkan tahun lalu, jumlah peserta Dispora Cup hanya mencapai 100 atlet. Itu membuktikan, perkembangan olahraga renang di Kota Cilegon mulai mengalami peningkatan.

Sekretaris Umum Pengurus Cabang Persatuan Renang Seluruh Indonesia (Pengcab PRSI) Kota Cilegon, Zul Andri mengaku gembira. Dengan banyaknya jumlah peserta yang ambil bagian, ia optimis, prestasi olahraga renang di Kota Baja bisa meningkat tajam.

Apalagi, ia membeberkan, 162 atlet yang ambil bagian, tidak hanya ambil bagian di tiga kategori yang disediakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon saja. Melainkan, ada atlet kategori Taman Kanak-kanak (TK) dan kategori terbuka.

Diketahui, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Cilegon, hanya menggelar Dispora Cup untuk kategori SD sampai SMA, karena dijadikan ajang seleksi guna mengikuti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Namun, karena Pengcab PRSI Kota Cilegon ingin mengoptimalkan pembinaan, maka dua kategori lainnya yaitu, TK dan terbuka, diselenggarakan.

Zul menjelaskan, untuk perlombaan TK diadakan, karena ingin meregenerasi atlet sejak usai dini. Sedangkan kategori terbuka, diadakan untuk menampung atlet yang bertatus pelajar, namun tidak diperbolehkan mengikuti Dispora Cup, karena sudah menginjak siswa kelas X di tingkat SMP dan kelas XII di tingkat SMA.

“Kami kan ingin pembinaan terus berjalan. Makanya, begitu ada kesempatan, ya kami optimalkan saja. Mudah-mudahan hasilnya sesuai dengan harapan,” papar Zul, Senin (8/4).

Sementara itu, Kepala Seksi Peningkatan Mutu dan Tenaga Pembina Dispora Kota Cilegon, Kurnia berharap, dari ajang Dispora Cup kali ini, tidak hanya sebagai ajang untuk mengukur sampai sejauh mana pembinaan yang telah dilakukan oleh Pengcab PRSi Kota Cilegon.

Kurnia ingin, ajang itu melahirkan banyak atlet potensial baru. Pasalnya, cabang olahraga (cabor) renang, merupakan salah satu cabor yang banyak menyediakan medali bila mengikuti sebuah event. Makanya, regenerasi atlet perlu dilakukan agar prestasi yang telah dicapai saat ini tidak mengendur.(SC-2)

127 total views, 1 views today