Banten Target Tiga Besar Pada Ajang PIONIR

SERANG – Pada penyelenggaraan akbar Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) PTAIN VI 2013, kontingen Banten membidik target tinggi di kategori cabang olahraga (cabor). Itu terlihat jelas, dengan dicanangkannya peringkat ketiga pada ajang tersebut.

Para pecatur IAIN Banten tengah mengikuti latihan yang dilaksanakan Pengprov Percasi Banten, belum lama ini.

Para pecatur IAIN Banten tengah mengikuti latihan yang dilaksanakan Pengprov Percasi Banten, belum lama ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Pembina Kegiatan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten,  Suhaedi kepada SPORT BANTEN. Kata dia, target tersebut tidaklah muluk-muluk. Soalnya, dari tujuh cabor yang dipertandingkan yakni, futsal, bola voli, tenis meja, bulutangkis, catur, panjat tebing dan pencak silat, Banten yang diwakili IAIN Sultan Maulana Hasanudin, memiliki banyak atlet andalan.

Seperti halnya, lanjut pria yang kerap disapa Uus itu, mereka memiliki atlet andalan di cabor catur. Disana, ada Esa Tiani dan Sahrul yang merupakan pecatur andalan yang kerap berprestasi di tingkat Banten maupun nasional. Bahkan, untuk menghadapi Pionir yang akan digeber pada 19-24 Agustus mendatang, mereka secara langsung mendapatkan program latihan khusus dari Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Banten yang dikomandoi langsung oleh Zulkarnain Taroreh.

“Atas dasar pertimbangan tersebut dan persiapan cabor lainnya yang mumpuni, makanya saya berani mencanangkan target tersebut,” papar Uus.

Uus hanya berharap, target yang telah dicanangkan tersebut, dapat diwujudkan oleh seluruh atlet yang nantinya ambil bagian di Pionir VI. Soalnya, ia yakin, mereka mampu mencapainya. Apalagi, mereka bertindak sebagai tuan rumah. Dukungan penuh dari masyarakat Banten pastinya akan jadi semangat berbeda.

“Mudah-mudahan saja tercapai. Selain sukses penyelenggaraan, kita juga harus sukses dalam prestasi olahraga dan bidang bidang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Banten, Yayan S Ryan menyambut gembira target yang dicanangkan IAIN Banten tersebut.

“Saya pun ikut mendoakan agar target tersebut tercapai. Soalnya, bila mampu berprestasi, itu membantu mempercepat kemajuan prestasi olahraga mahasiswa Banten dimata nasional,” kata Yayan.

Lebih jauh, Yayan menyampaikan, atlet IAIN Banten yang nantinya mampu berprestasi di Pionir VI, akan dipertimbangkan untuk menghuni skuad bayangan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XII, di November  di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).(SC-2)

181 total views, 2 views today